DOKUMEN 1 STPPA PAUD TAHUN 2019

DOKUMEN 1 STPPA PAUD TAHUN 2019.  Setiap lembaga di wajibkan untuk membuat Dokumen 1 yaitu mengenai profil dan isi kurikulum yang akan dilaksanakan setahun kedepan. Dokumen tersebut merupakan wujud dari lembaga dalam langkah awal menentukan tujuan dan proses pembelajaran yang akan diterapkan di kemudian hari. Semua isi yang ada dalam dokumen 1 merupakan Kurikulum yang akan diterapkan, karena setiap lembaga pendidikan berhak memilih kurikulum yang akan diterapkan tergantung dari kesiapan dan kesanggupan lembaga pendidikan tersebut. Biasanya pilihannya hanya ada 2 pilihan yaitu Kurikulum KTSP itu kurikulum yang lama atau Kurikulum 2013 ini yang baru.

Salah satu lembaga yang wajib untuk membuat Dokumen 1 adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi KB, TK, SPS, TPA, dan lainnya yang masih naungan dengan PAUD. Dokumen 1 pada PAUD dikenal dengan nama Standar Tingkat Pecapaian Perkembangan Anak Usia Dini disingkat STPPA. STPPA merupakan target atau kriteria kemampuan yang akan di capai dari Anak di lembaga pendidikan PAUD dalam segala aspek perkembangan dan pertumbuhan anak yang meliputi Aspek Nilai Agama dan Moral, Fisik-Motorik, Sosial-Emosional, Bahasa dan Seni.
STPPA ini tercantum dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam Peraturan tersebut terdapat isi dari STPPA PAUD yang akan dibuat oleh lembaga pendidikan di Setiap Standar Pencapaian yang akan di capai. Standar Nasional tersebut meliputi Standar Isi, Proses, Penilaian, Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Serta Pembiayaan. 
Baca Juga : Permendibud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD
Dalam Dokumen 1 mengenai STPPA PAUD Tahun 2019 ini kami buat dengan format yang terbaru menyesuaikan Kurikulum 2013 sesuai permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 dan terdapat 3 butir file isi dan lampiran yang bisa anda dapatkan. Pada 3 butir tersebut yang pertama adalah STPPA indikator, kedua STPPA Sesuai Kelompok Usia, dan Ketiga Rekaman
Pada Butir ke 1 STPPA Indikator terdiri dari Surat Keputusan Tim Penyusun STPPA, Lampiran 1 Daftar Nama Tim Penyusun SK  Tim Penyusun STPPA, Undangan, Berita Acara, Notulen, Daftar Hadir STPPA, STPPA sesuai lingkup perkembangan. Butir ke 2  STPPA Sesuai Kelompok Usia yang meliputi STPPA yang dikelompokkan berdasarkan usia sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Sedangkan untuk butir ke 3 yaitu rekaman berisi mengenai Rekaman Kegiatan yang dilaksanakan disertai dengan Foto Dokumentasi kegiatan tersebut.
Untuk lebih lengkapnya bisa anda dapatkan file tersebut dengan mengeditnya, karena masih ada data yang melekat pada file tersebut sehingga bisa diisi sesuai dengan keadaan lembaga anda. File ini berformat MS. Word yang dengan mudah anda ubah dan simpat ketika ada perubahan.
  1. Dokumen 1 Butir 1 STPPA Indikator
  2. Dokumen 1 Butir 2 STPPA Sesuai Kelompok Usia
  3. Dokumen 1 Butir 3 Rekaman Kegiatan
Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi atau panduan bagi anda semua terutama Guru PAUD yang pastinya membutuhkan STPPA PAUD yang terbaru pada Tahun 2019 sekarang ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOKUMEN 1 STPPA PAUD TAHUN 2019"

Posting Komentar