Berkas Pengajuan NUPTK Jenjang PAUD Tahun 2019/2020

Berkas Pengajuan NUPTK Jenjang PAUD Tahun 2019/2020. NUPTK merupakan kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang wajib ada bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dengan adanya NUPTK berarti anda sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan masuk pada Database di server pusat. Oleh karena itu bagi seorang guru dan tenaga kependidikan sangat menginginkan untuk mendapatkan Nomor NUPTK secara pribadi, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk mengajukannya. Sejak tahun 2010 kebawah pengajuan NUPTK sangatlah mudah yaitu tinggal melengkapi berkas persyaratan yang ada dengan minimal mengabdi selama 2 tahun dan diproses secara manual di Dinas Pendidikan. Namun setelah tahun 2010 untuk pengajuan NUPTK sangatlah susah terutama bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Negeri yaitu harus menggunakan SK Bupati sedangkan SK Bupati tersebut untuk mendapatkannya harus menjadi PNS atau CPNS terlebih dahulu sehingga sangatlah mustahil bagi seorang Guru da Tenaga Kependidikan dengan status Non PNS untuk mengajukan NUPTK tersebut. Jauh berbeda di Sekolah Swasta atau Yayasan dalam mengajukan NUPTK sangatlah mudah tidak menggunakan SK Bupati tetapi hanya SK Yayasan saja sehingga banyak dari kalangan Guru dan Tenaga Kependidikan di lingkup Swasta dan Yayasan sudah mendapatkan Nomor NUPTK.
Berkas Pengajuan NUPTK Jenjang PAUD Tahun 2019/2020

Selang berjalannya waktu pemerintah merubah peraturan tersebut yang tadinya harus menggunakan SK Bupati namun di Tahun 2018 bisa menggunakan SK Kepala Dinas setempat. Untuk mendapatkan SK Kepala Dinas anda harus melengkapi berkas-berkas dan persyaratan tertentu salah satunya adalah Ijazah anda harus linier atau sesuai dengan Bidang Study yang sedang anda lakukan. Bagi anda yang bersekolah Negeri atau TK, KB, SPS, TPA yang berstatus Sekolah Negeri bisa anda dapatkan SK Bupati tersebut.
Baca Juga : Berkas dan Syarat Mendapatkan SK Kepala Dinas Tahun 2019
Berkas dan Syarat Pengajuan NUPTK di Jenjang PAUD Tahun 2019/2020 menggunakan beberapa cara yaitu dengan secara Online dan Offline. Cara Online maksudnya anda harus menscan berkas-berkas yang ada seperti :
  1. KTP Elektronik atau Surat Keterangan dari Capil yang asli
  2. Ijazah SD asli
  3. Ijazah SMP asli
  4. Ijazah SMA asli
  5. Ijazah S1 Asli
  6. SK Pengangkatan dari Kepala Sekolah atau Yayasan Asli
  7. SK Kepala Dinas (bagi Non PNS ) atau SK Bupati (bagi PNS)
  8. SK Pembagian kegiatan Belajar Mengajar Asli 3 Tahun dari 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019 Asli
  9. Untuk Poin 6 sampai 8 dijadikan satu dengan format pdf.
Semua berkas diatas anda scan dan jadikan format PDF dengan ukuran Maksimal 2 Mb, jangan melebihi 2 Mb karena akan ditolak. Pastikan berkas Pengajuan NUPTK diatas adalah Dokumen asli bukan foto copy atau pun legalisir. Untuk Pengajuan NUPTK secara offline maksudnya adalah anda mengumpulkan berkas secara manual ke Dinas setempat yang bertugas menverifikasi data yang di Upload. 
Baca juga : Cara Mengajukan NUPTK Guru PAUD Secara Online Tahun 2019
Untuk berkas yang di kumpulkan ke Dinas sama seperti yang anda upload pada waktu pengajuan NUPTK secara online hanya saja berkas tersebut harus dilegalisir kepada yang berwenang dan berkas pendukung lainnya. Berkas pendukung lainnya antara lain :
  1. Daftar Nominatif Pengajuan NUPTK Tahun 2019
  2. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah
  3. Bukti sudah upload Dokumen pengajuan NUPTK di Aplikasi vervalptk.
Untuk bukti sudah upload Dokumen pengajuan NUPTK di menu NUPTK dan pilih Status Penerimaan NUPTK atau anda bisa lihat contoh gambarnya dibawah.
Berkas Pengajuan NUPTK Jenjang PAUD Tahun 2019/2020

Cara printout gambar diatas bisa anda screenshot lewat keyboard laptop atau di komputer dengan memencet tombol "PRT SC" atau "Print Screen" di atas sebelah kanan keyboar dan buka MS. Word terus paste. Jangan lupa untuk Jenjang PAUD menggunakan Map Hijau dengan rangkap 2 setiap dokumen yang tertera sebagai Syarat Pengajuan NUPTK Jenjang PAUD Tahun 2019.
Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda semua terutama bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di Jenjang PAUD baik KB, TK, SPS, dan TPA serta satuan pendidikan lainnya yang masih bernaung di PAUD.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkas Pengajuan NUPTK Jenjang PAUD Tahun 2019/2020"

Posting Komentar