RPPH PAUD TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RPPH PAUD TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. RPPH merupakan salah satu administrasi guru  yang wajib untuk dikerjakan atau dibuat di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS),Taman Penitipan Anak (TPA) serta lainnya yang masih satu jenjang dengan PAUD. RPPH kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang berlaku di Kurikulum 2013 atau Kurtilas sejak Tahun 2013 sampai sekarang. Ada nama lain dari RPPH yaitu Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang berlaku pada Kurikulum KTSP yang berlaku sejak tahun 2006 sampai 2013. Antara RPPH dan RKH keduanya sama-sama Rencana Pembelajaran dalam jangka waktu harian, hanya saja berbeda pada penentuan tema dan sub tema saja. Untuk format keduanya hampir sama, perbedaan yang mencolok di nama saja pada intinya sama saja.
RPPH PAUD TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
RPPH PAUD TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RPPH PAUD yang akan kami bahas adalah di Tema Alam Semesta pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Tema tersebut kami tentukan karena pada minggu ini adalah minggu ke 15, 16 dan 17 dari Minggu efektif di semester 2. Pada minggu tersebut terdapat sub tema dari penjabaran Tema Alam Semesta yaitu Minggu ke 15 Sub Tema Matahari, Bulan dan Bintang, Minggu ke 16 Sub Tema Bumi dan Langit, serta Minggu ke 17 Sub Tema Gejala Alam. Sub Tema - Sub Tema tersebut nantinya akan di jabarkan menjadi Fokus Pembelajaran yang akan kita jadikan sebagai RPPH PAUD di setiap pertemuan.
Minggu ke 15 adalah Sub Tema Matahari, Bulan dan Bintang yang dijabarkan menjadi fokus pembelajaran yaitu hari Senin Guna Matahari, hari Selasa Guna Bulan, hari Rabu Rabu Macam-macam Bintang, hari Kamis Pencipta Matahari, Bulan dan Bintang, hari Jum'at Kapan dapat dilihat, dan hari Sabtu terjadinya pelangi. 
Minggu ke 16 adalah Sub Tema Bumi dan Langit yang dirinci menjadi fokus pembelajaran yaitu hari Senin Guna Langit, hari Selasa Guna Bumi, hari Rabu Awan, hari Kamis pepohonan atau tumbuhan, hari Jum'at kapan dapat lihat Gunung, dan hari Sabtu kapan dapat lihat Hujan.
Minggu ke 17 adalah Sub Tema Gejala Alam yang dijabarkan menjadi fokus pembelajaran yaitu hari Senin Banjir, hari Selasa Siang dan Malam, hari Rabu Gunung Meletus, hari Kamis Gempa Bumi dan Tanah Longsor, hari Jum'at Angin Puyuh, dan hari Sabtu Halilintar dan Pelangi.
Fokus pembelajaran diatas berguna untuk pembuatan RPPH yang nantinya akan di implementasikan di dalam kelas dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu bisa anda ubah sesuai keinginan anda yang penting tidak jauh dari Sub Tema yang sudah ditentukan. Pilihan fokus pembelajaran yang ada di sekeliling Sekolah anda agar siswa bisa melihat langsung dan yang dialaminya. Disamping RPPH yang kita persiapkan ada hal yang paling penting lainnya yaitu Alat Peraga yang akan kita terapkan di anak-anak, agar bisa berjalan secara optimal.
RPPH PAUD Tema Alam Semesta Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 bisa anda dapatkan file-filenya hanya saja kami simpan dalam Google Drive agar file tersebut terhindar dari virus. Karena RPPH PAUD Tema Alam Semester terdiri dari 3 Sub Tema sehingga kami buat dalam 3 file yang terpisah. File tersebut antara lain :
  1. RPPH PAUD Tema Alam Semesta Sub Tema Matahari, Bulan dan Bintang
  2. RPPH PAUD Tema Alam Semesta Sub Tema Bumi dan Langit
  3. RPPH PAUD Tema Alam Semesta Sub Tema Gejala Alam
File tersebut berukuran kecil hanya berukuran kurang dari 3 Mb saja, jadi tidak perlu repot dan lama untuk mendapatkan file tersebut. Semoga artikel ini yang berjudul RPPH PAUD Tema Alam Semesta Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 bisa bermanfaat bagi anda semua terutama untuk kelengkapan administrasi Guru di Jenjang PAUD.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019"

Posting Komentar