PROGRAM SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 TERBARU JENJANG PAUD

PROGRAM SEMESTER 2  TERBARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018 JENJANG PAUD. Program semester atau yang kita kenal dengan sebutan Prosem ada juga yang menyebutnya promes merupakan suatu program perencanaan diwaktu awal semester baik semester 1 atau 2 yang dibuat oleh guru sebagai bentuk tugas guru dalam pembuatan administrasi guru kelas.Semua guru disegala jenjang pasti tak asing dengan yang namanya Prosem/Promes, karena sudah menjadi hal biasa untuk membuatnya. Prosem/Promes yang akan saya bahas kali ini adalah pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Promes/Prosem pada jenjang PAUD tidaklah begitu sulit untuk membuatnya karena hanya terdiri dari beberapa kolom saja. Sebelum guru PAUD membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran Harian (RPPH) guru diharapkan membuat Promes /Prosem terlebih dahulu. Dalam Promes/Prosem PAUD terbaru terutama dalam Kurikulum 2013 sangatlah mudah yaitu terdiri dari kolom Nomor, Tema, Sub Tema, Fokus Pembelajaran, dan Waktu Pelaksanaan Pembelajaran. Seperti yang terpampang pada gambar dibawah ini.

Prosem/Promes Tema PAUD terbaru pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri dari Rekreasi, Pekerjaan, Air, Udara, Api, Alat Komunikasi, Tanah Airku, Alam Semesta. Setiap tema pada semester 2 memiliki alokasi waktu tersendiri, karena melihat dari hari efektif yang tersedia pada kalender pendidikan (Kaldik). Pada Alokasi Waktu di Promes/Posem PAUD diatas saya menyesuaikan dengan Kaldik di daerah saya yaitu Jawa Tengah. Untuk anda yang diluar daerah Jawa Tengah bisa mengubah alokasi waktu yang sudah saya tentukan pada Promes/Prosem PAUD sesuai dengan kaldik didaerah anda sendiri. Pada Contoh Porsem/Promes PAUD semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan format MS.Word.
baca juga artikel yang terkait : 
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda untuk melengkapi tugas pokok fungsional anda dalam pembuatan administrasi mengenai Program Semester Promes/Prosem Semester 2 Kurikulum 2013 Jenjang PAUD.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "PROGRAM SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 TERBARU JENJANG PAUD"

Kang Saepul Basar mengatakan...

tidak bisa di download pa, kenapa yaaa

Arsip sekolah mengatakan...

Makasih sangat bermanfaat sekali... Untuk kelengkapan administrasi di paud ku

Posting Komentar