FORMAT BUKU KAS UMUM (BKU) LPJ BOP PAUD TERBARU

FORMAT BUKU KAS UMUM (BKU) BOP PAUD TERBARU. Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) merupakan sesuatu yang sudah menjadi hal biasa bagi setiap instansi/lembaga pada jenjang pendidikan. Salah satunya adalah pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang mana sekarang ini sedang diperhatikan oleh pemerintah dengan segala bantuan baik Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Non DAK baik bantuan secara fisik maupun Non Fisik. Namun yang menjadi kendala adalah dalam masalah LPJ yang harus dikerjakan, kendala yang dialami bukan karena susah dalam membuat LPJ tersebut, namun ada perubahan dalam pembuatan LPJ pada setiap Tahunnya. Pada tahun dulu 2016 tidak dilampirkan Buku Pembantu Pajak, tapi tahun ini harus melampirkannya.
Bukan hanya itu saja dalam penempatan kuitansi/nota bukti pembayaran barang pun ada aturan yang baru (baca juga : Penempatan Baru kuitansi/nota LPJ BOP PAUD). Bahkan dalam Pembuatan LPJ di awalpun ada perbedaan yaitu Laporan Akhir. (baca juga : Format LPJ BOP PAUD Lengkap dan Terbaru ). Bukan hanya yang saya buat artikel ada perbedaan, tapi pada Buku Kas Umum LPJ BOP PAUD juga ada perbedaannya walaupun hanya beberapa saja yang berbeda. Saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu BKU, BKU merupakan Rincian atau Uraian dari Dana yang masuk dan keluar atau dikenal dengan Debit  dan Kredit namun tidak ada kolom untuk Saldo. Anda bisa lihat sendiri preview gambar dari BKU LPJ BOP PAUD dibawah ini.

FORMAT BUKU KAS UMUM (BKU) LPJ BOP PAUD TERBARU
Seperti yang terlihat di gambar diatas tidak ada keterangan Saldo, yang biasanya kita buat ditahun sebelumnya. Dibagian paling bawah juga ada keterangan seperti Berita Acara Penutupan Kas dari hari, tanggal dan bulan, serta ada keterangan Saldo harus nol atau Nihil. Setelah itu juga ada keterangan Tunai dan Saldo Bank dengan keterangan atau nominal nol. Itulah mungkin yang bisa saya sampaikan melewati artikel ini. Walaupun BKU sekarang tidak jauh beda dengan tahun yang lalu. Anda bisa unduh file diatas disini. Format yang saya bagikan bukanlah hasil editan dari saya namun itu hasil dari Sosialisasi yang saya ikuti di Daerah saya. Bagi anda yang belum cair Dana BOPnya tidak usah berkecil hati, anda harus mempersiapkan LPJ dulu, ibarat kata sedia payung sebelum hujan.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FORMAT BUKU KAS UMUM (BKU) LPJ BOP PAUD TERBARU"

Posting Komentar