RPPM PAUD TEMA TANAH AIRKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM PAUD TEMA TANAH AIRKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013. RPPM merupakan kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, yang dilaksanakan pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). RPPM ini juga salah satu administrasi dari Guru PAUD yang tidak kalah pentingnya untuk dikerjakan. RPPM pada Jenjang PAUD mengalami perubahan di setiap Kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ketika Kurikulum berganti nama, RPPM juga berganti nama pula, pada Kurikulum KTSP diberi nama RKM (Rencana Kegiatan Mingguan) dan Kurikulum sekarang yaitu Kurikulum 2013 berganti menjadi RPPM yang sekarang akan kita bahas. 
RPPM PAUD TEMA TANAH AIRKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM yang akan kita bahas kali ini adalah RPPM dengan Tema Tanah Airku. Walaupun memang Tema Tanah Airku Semester 2 sudah berlangsung di bulan Maret dan April namun untuk kelengkapan administrasi sangatlah penting untuk dilengkapi, karen administrasi Guru biasanya akan diperlukan dwaktu pelaksanaan Akreditasi. RPPM Tema Tanah Airku terdapat 3 Minggu proses pembelajaran sehingga ada 3 RPPM pada Tema Tanah Airku yang terdiri dari beberapa Sub Tema diantanya yaitu pada Minggu pertama Sub tema Negaraku 1, kedua Sub Tema Negaraku 2, dan ketiga Subtema Kehidupan di desa dan di kota. Untuk setiap subtema terdiri dari beberapa fokus pembelajaran yang biasanya digunakan untuk membuat RPPH di setiap harinya. Untuk Minggu pertama pada subtema Negaraku 1 terdiri dari 6 fokus pembelajaran yaitu Nama Negara, Lambang Negara, Bendera Negara, Presiden dan Wakil Presiden, Ibu Kota Negara, dan Lagu Kebangsaan. Minggu kedua pada subtema Negaraku 2 terdiri dari 6 fokus pembelajaran juga yaitu Lagu Wajib, Suku Bangsa, Pahlawan, Hari Besar, Bangsa Lain yang tinggal di Indonesia, dan Kota tempat tinggal. Minggu ketiga pada subtema kehidupan dikota dan didesa terdiri dari fokus pembelajaran yaitu Keadaan Kota, Keadaan Desa, Tata Cara Kehidupan Kota, Tata Cara Kehidupan Desa, Macam-macam mata pencahariaan di Kota dan Macam-macam mata pencahariaan di Desa. Semua fokus pembelajaran tersebut terangkum menjadi RPPM, namun untuk fokus pembelajaran diatas hanyalah contoh semata, apabila anda sebagai guru PAUD bisa mengubah sendiri sesuai dengan keinginan dan tingkat kemudahan. 
Berikut RPPM yang bisa menjadi acuan dan contoh untuk anda semua agar dapat mempermudah dalam mengerjakan Administrasi Guru. RPPM Tema Tanah Airku, antara lain.
  1. RPPM Tema Tanah Airku Subtema Negaraku 1 Minggu ke 1
  2. RPPM Tema Tanah Airku Subtema Negaraku 2 Minggu ke 2
  3. RPPM Tema Tanah Airku Subtema Kehidupan di Kota dan di Desa Minggu ke 3
Memang berat bagi guru PAUD dalam mengerjakan administrasi guru, karena dalam proses pembelajaran dengan menghadapi anak-anak yang tidak tahu apa-apa dan masih kecil sehingga begitu sulit dalam menghadapinya, apalagi di tambah dengan Administrasi guru yang harus dikerjakan. Oleh karena itu kami dari Arsip PAUD mempermudah anda dalam mengerjakan administrasi Guru PAUD salah satunya artikel yang sudah kami buat dan kemas mengenai RPPM PAUD Tema Tanah Airku Semester 2 Kurikulum 2013.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, dalam memajukkan Pendidikan di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini serta sebagai referensi kelengkapan administrasi Guru PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "RPPM PAUD TEMA TANAH AIRKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013"

Unknown mengatakan...

Kok nggak ada sub tema pulau di indonesia

Posting Komentar